IMPLEMENTASI KITAB TA’LIM MUTA’ALIM DALAM MENINGKATKAN PEMBENTUKAN AHLAK MULIA SISWA SMK DARUSSALAM SAFA’AT
Abstract
Manusia selalu bernaluri untuk melakukan perubahan, maka sejak itu timbul gagasan
untuk melakukan pengalihan, pelestarian dan pengembangan kebudayaan melalui
pendidikan. Pendidikan senantiasa menjadi perhatian utama dalam rangka memajukan
kehidupan generasi ke generasi. Krisis terbesar didunia saat ini adalah krisis
keteladanan atau uswah, Pendidikan dan pengajaran merupakan pandangan filosofi
klasik yang menjadi wacana publik para ahli pendidikan. Sehingga peran ulama dalam
hal ini sangat dibutuhkan dalam mengatasi krisis pendidikan yang terjadi di Indonesia,
karena ulama juga memiliki sebuah tanggung jawab yang sangat vital dalam
mensejahterakan masyarakat melalui pendidikan yang dikelola dalam bentuk proses
belajar-mengajar. kitab Ta‟lim Muta`allim yang memiliki porsi sebagai refrensi bagi
seorang pendidik dan perserta didik tidak lepas dari pemikiran beberapa tokoh yang
juga ikut andil dalam terlaksananya keefektifan dalam proses pembelajaran. Dari
deskripsi diatas melahirkan suatu inspirasi bagi peneliti untuk mengkontekstualkan
dengan dunia realitas, sebagai konfigurasi dari bentuk konstektualisasi ideal. Maka
dengan hal ini peneliti menentukan pilihan yakni pondok pesantren Miftahul Ulum
Suren sebagai representasi dalam ruang kajian penelitian ini.peneliti tertarik untuk
mengkaji lebih mendalam tentang implementasi kajian kitab Ta’lim Muta’allim di
SMK Darussalam Safa‟at . Fokus penelitian ini antara lain : 1. untuk mengetahui
implementasi kajian kitab Ta‟limul Muta`allim dalam membentuk akhlak siswa
kepada Allah SWT, Ustadz dan sesama siswa di SMK Darussalam Safa‟at. Adapun
dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskreptif.
Sedangkan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, interview dan
dokumenter. Sementara metode analisis data menggunakan Reduksi, penyajian
(display), serta Penarikan Kesimpulan (verifikasi). Penentuan sampel dalam penelitian
ini, penelitian purposive sampling dan untuk mengukur validasi data menggunakan
trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan,1. Implementasi Kajian Kitab
Ta‟limul Muta`allim Dalam Membentuk Akhlak Siswa kepada Allah SWT di SMK
Darussalam Safa‟at. siswa tidak pernah meninggalkan shalat lima waktu, Bahkan
melaksanakannya dengan berjama‟ah ,melaksanakan shalat sunnah seperti, shalat
dhuha bersama-sama sebelum berangkat ke sekolah, shalat tahajjud, berdzikir, tahlil,
burdah., berdo‟a ketika hendak belajar , sabar dalam menjalani kehidupan yang
serba sederhana dan terbatas, tidak bebas seperti kalanya anak yang berada diluar
kawasa pesantren, sabar jauh dari orangtua dan lain-lain. Suka - duka dituangkan
bersama di pondok pesantren. Implementasi Kajian Kitab Ta‟limul Muta`allim Dalam
Membentuk Akhlak Siswa kepada Ustadz (guru) di SMK Darussalam Safa‟at, Siswa
SMK Darussalam Safa‟at sopan terhadap gurunya, tidak berjalan di depannya, tidak
duduk di tempat duduknya, tidak memulai percakapan dengannya kecuali seizinnya,
tawaddhu‟, ta‟at dan hormat berdiri ketika gurunya sedang lewat sebagai bentuk
penghormatan dan sebagai sifat ta‟dhim. Ada juga yang bersikap krit is tapi tetap
sopan. dan lain-lain., dalam hubungan-nya pun mereka mampu membedakan antar
teman dan guru. Mereka menjiwai dan berusaha mengamalkan pesan-pesan moral
yang terdapat dalam kitab ta‟lim muta‟allim
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



