DAMPAK PENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN

Authors

  • Afit Tito Purwani Institut Agama Islam Darul A`mal Lampung

Abstract

er

Tulisan ini membahas tentang dampak peningkatan manajemen mutu pendidikan
terhadap mutu lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki kewajiban
untuk memprioritaskan mutu lembaga pendidikan. Metode pada tulisan ini
menggunakan metode literature. Penelitian literature merupakan metode
penelitian dengan mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber yang
kemudia dikaitkan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil pembahasan pada
tulisan ini mutu pendidikan adalah kemampuan sekolah dalam mengelola secara
operasional dan efesien terhadap komponen yang berkaitan dengan lembaga
pendidikan sehingga menghasilkan nilai tambah bagi lembaga pendidikan sesuai
dengan standar yang berlaku. Adanya manajemen mutu pendidikan merupakan
suatu paradigm tentang perbaikan kualitas secara kontinyu pada instansi
lembaga pedidikan untuk memenuhi kebutuhan pada masa kini maupun yang
akan datang. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan pada lembaga
pendidikan adalah dengan cara menerapkan kualitas pendidikan melalui konsep
manajemen mutu pendidikan yang berkualitas agar suatu lembaga pendidikan
dapat mejalankan prosesnya dengan baik serta dapat menghasilkan output yang
bermutu atau berkualitas. Dengan adanya perencanaan mutu, pengendalian
mutu dan relevansinya pada lembaga pendidikan maka lembaga pendidikan akan
menghasilkan peserta didik yang berkualitas..

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Tito Purwani, A. (2021). DAMPAK PENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(2), 44–54. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/10

Issue

Section

Articles