DAMPAK PENINGKATKAN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN TERHADAP MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN
Abstract
er
Tulisan ini membahas tentang dampak peningkatan manajemen mutu pendidikan
terhadap mutu lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan memiliki kewajiban
untuk memprioritaskan mutu lembaga pendidikan. Metode pada tulisan ini
menggunakan metode literature. Penelitian literature merupakan metode
penelitian dengan mengumpulkan data atau informasi dari berbagai sumber yang
kemudia dikaitkan dengan masalah yang akan diteliti. Hasil pembahasan pada
tulisan ini mutu pendidikan adalah kemampuan sekolah dalam mengelola secara
operasional dan efesien terhadap komponen yang berkaitan dengan lembaga
pendidikan sehingga menghasilkan nilai tambah bagi lembaga pendidikan sesuai
dengan standar yang berlaku. Adanya manajemen mutu pendidikan merupakan
suatu paradigm tentang perbaikan kualitas secara kontinyu pada instansi
lembaga pedidikan untuk memenuhi kebutuhan pada masa kini maupun yang
akan datang. Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan pada lembaga
pendidikan adalah dengan cara menerapkan kualitas pendidikan melalui konsep
manajemen mutu pendidikan yang berkualitas agar suatu lembaga pendidikan
dapat mejalankan prosesnya dengan baik serta dapat menghasilkan output yang
bermutu atau berkualitas. Dengan adanya perencanaan mutu, pengendalian
mutu dan relevansinya pada lembaga pendidikan maka lembaga pendidikan akan
menghasilkan peserta didik yang berkualitas..
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Afit Tito Purwani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



