IMPELEMENTASI PEMBELAJARAN KOMUNIKATIF-INTRAKTIF FIKIH IBADAH PADA SISWA KELAS VII MTS TANBIHUL GHOFILIN BAWANG BANJARNEGARA
Abstract
Implementasi pembelajaran fikih ibadah komunikatif-intraktif pada siswa kelas 7
MTs Tanbihul Ghofilin Bawang Banjarnegara, dalam penelitian ini memiliki latar
belakang pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat penting bagi
kehidupan manusia, yang bertujuan untuk menjadikan sebuah generasi yang baik
dan bagus tentunya, namun dalam setiap proses pendidikan khususnya pada
pembelajaran mempunyai sebuah kendala dan hambatan, yang terjadi pada
pembelajaran di MTs Tanbihul Ghofilin khususnya kelas 7, dari penelitian ini
mempunyai tujuan. 1)untuk mengetahui upaya dan strategi pembelajaran, 2)
Metode pembelajaran. 3) faktor-faktor pembelajaran, dengan menggunakan
metode kuantitatif yang menghasilkan data deskriptif, dengan teknik pengumpulan
data melalui observasi wawancara dan dokumentasi, dalam menganalisis data
yang sistematis kemudian mengorganisasikan data menjabarkan data ke unit dan
menyusun ke dalam pola yang menghasilkan sebuah kesimpulan, dalam
pembelajaran yang terjadi di MTS Tanbihul Ghofilin sudah sesuai dengan tujuan
dan tata cara pembelajaran, kemudian dalam setiap pembelajaran tersebut
ditemukan beberapa faktor baik pendukung maupun penghambat yang bersumber
dari internal dan eksternal, dan berbagai upaya yang sudah dilakukan oleh guru
pengampu mata pelajaran fikih kelas 7 di MTs Tanbihul Ghofilin Bawang
Banjarnegara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Naufal Naufal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



