PEMBELAJARAN PENDIDIKAN ANTI KORUPSI MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
Abstract
Korupsi telah dipandang sebagai sebuah kejahatan luar biasa
(extra ordinary crime) diseluruh dunia karena dampak sistemik
yang ditimbulkan oleh tindakan korupsi. Indonesia sebagai Negara
berkembang juga menghadapi persoalan korupsi yang menyentuh
hampir seluruh sendi kehidupan. Upaya memberantas korupsi
yang dianggap efektif dan murah adalah melalui pendidikan.
Bidang pendidikan merupakan salah satu upaya preventif terbaik
yang bisa dilakukan. Misalnya melalui Pendidikan Anti Korupsi
dan menanamkan nilai- nilai integritas pada anak sejak dini.
Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pendekatan deskriptif kualitatif. Pelaksanaan penelitian dilakukan
pada bulan Maret 2022. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
guru pendidikan Kewarganegaraan dan siswa di SMK N 1
Menggala, telah memahami pengertian dari korupsi dan bentukbentuknya.
Materi Pendidikan Anti Korupsi (PAK) yang dapat
diintegrasikan dengan Pendidikan Kewarganegaraan antara lain :
Memahami Makna Jujur, Pengertian Jujur, Pembagian Sifat Jujur.
Dalam proses pembelajaran menggunakan Model Integrasi dengan
metode social learning dan role playing. Hasil dari penelitian
diharapkan dapat meningkatkan penerapan prilaku nilai-nilai
pendidikan anti korupsi dalam perilaku sehari-hari.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Selamat Riyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



