PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI KECENDERUNGAN PERILAKU AGRESIF PESERTA DIDIK DI SMK NEGERI 1 MENGGALA
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus, pada semester ganjil
tahun pelajaran 2022-2023. Subjek dan objek dalam penelitian ini
adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling dan siswa.
Insrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara,
observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa
(1) Perilaku agresif yang ditunjukkan peserta didik adalah biasanya
dalam bentuk perilaku agresif verbal dan fisik. Penyebab dari
perilaku agresif peserta sebagian besar karena karakter peserta
didik yang keras dan cenderung mengangap bahwa perilaku yang
mereka lakukan adalah sebuah kewajaran (2) peran guru
Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kecenderungan
perilaku agresif peserta didik SMK Negeri 1 Menggala melalui
pelayanan individu dan kunjungan rumah secara incidental.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Murlaini Murlaini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



