UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu
pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran
2022/2023 dengan menggunakan acuan Kurikulum 2013 yang
berlaku di SMK Negeri 1 Menggala. Penelitian pada siklus 1
diperoleh hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang
masih belum memuaskan karena masih ada siswa yang
nilainya masih di bawah KKM dan indikator kerja belum
terpenuhi karena masih > 90% yaitu 56%. Sebelum
dilaksanakan tindakan nilai rata- rata pelajaran Produk
Kreatif dan Kewirausahaan siswa kelas XI adalah 66,67.
Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai hasil belajar
siswa rata-ratanya adalah 72,89. Selanjutnya pada siklus II
rata-rata hasil belajar siswa menjadi meningkat yaitu 89,48.
Sebelum dilakukan tindakan kategori rata-rata hasil belajar
siswa berada pada kategori rendah dengan tingkat
ketuntasan 44 % dari 27 siswa. Pada siklus I setelah
dilakukan tindakan hasil belajar siswa masih berada pada
kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 56 % dari 27 siswa.
Pada siklus II setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut
sebagai hasil refleksi siklus I hasil belajar siswa berada pada
kategori tuntas dengan tingkat ketuntasan 100 %, dengan
jumlah kelulusan 27 siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Misiyah Misiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



