UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING

Authors

  • Misiyah Misiyah SMK Negeri 1 Menggala Tulang Bawang

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan selama 2 (dua) bulan yaitu
pada bulan September semester ganjil tahun pelajaran
2022/2023 dengan menggunakan acuan Kurikulum 2013 yang
berlaku di SMK Negeri 1 Menggala. Penelitian pada siklus 1
diperoleh hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan yang
masih belum memuaskan karena masih ada siswa yang
nilainya masih di bawah KKM dan indikator kerja belum
terpenuhi karena masih > 90% yaitu 56%. Sebelum
dilaksanakan tindakan nilai rata- rata pelajaran Produk
Kreatif dan Kewirausahaan siswa kelas XI adalah 66,67.
Setelah dilakukan tindakan pada siklus I nilai hasil belajar
siswa rata-ratanya adalah 72,89. Selanjutnya pada siklus II
rata-rata hasil belajar siswa menjadi meningkat yaitu 89,48.
Sebelum dilakukan tindakan kategori rata-rata hasil belajar
siswa berada pada kategori rendah dengan tingkat
ketuntasan 44 % dari 27 siswa. Pada siklus I setelah
dilakukan tindakan hasil belajar siswa masih berada pada
kategori rendah dengan tingkat ketuntasan 56 % dari 27 siswa.
Pada siklus II setelah dilaksanakan tindakan lebih lanjut
sebagai hasil refleksi siklus I hasil belajar siswa berada pada
kategori tuntas dengan tingkat ketuntasan 100 %, dengan
jumlah kelulusan 27 siswa.

 

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Misiyah, M. (2022). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING . Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 2(2), 9–19. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/17

Issue

Section

Articles