PERANAN GURU DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
Abstract
Guru merupakan unsur yang sangat penting dan tidak bisa
diabaikan begitu saja dalam proses belajar mengajar, sebab guru
dapat menetukan berhasil atau tidaknya sebuah proses belajar
mengajar. Dasar-dasar pendidikan sangat penting diketahui oleh
seorang guru dalam melaksanakan tugasnya yang mulia sebagai
pendidik, hal ini merupakan sebagai sarana untuk
membangkitkan dan memotivasi siswa dalam proses belajar
mereka. Kurangnya pemahaman pada pembelajaran dapat
disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satunya yaitu kurangnya
peran guru dalam proses pembelajaran di sekolah dapat
menyebabkan pemahaman siswa berkurang dan terjadinya
miskonsepsi khususnya pada siswa siswi SMK Negeri 1
Menggala. Guru memilki satu kesatuan peran dan fungsi yang
tak terpisahkan, antara kemampuan mendidik, membimbing,
mengajar, dan melatih. Keempat kemampuan tersebut merupakan
kemampuan integrativ, yang satu sama lain tak dapat dipisahkan
dengan yang lain Berdasarkan fenomena tersebut maka dilakukan
penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran
guru dalam pembelajaran di SMK Negeri 1 Menggala. Penelitian
dilakukan di SMK N 1 Menggala pada bulan Agustus 2022
dengan subjek seluruh siswa SMK N 1 Menggala beserta guru
dan staf Tata Usaha.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sasmita Sasmita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



