PEMBERDAYAAN GURU SMK MELALUI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) UNTUK MENUMBUHKAN EKOSISTEM BELAJAR SISWA
Abstract
Guru sekolah kejuruan merupakan guru profesional memiliki tugas
untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil
pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta
melaksanakan tugas tambahan yang melekat. Guru jenjang SD
hingga SMA-SMK dominan menyampaikan isi kurikulum dan
transfer materi saja sesuai beban jam mengajar yang tersedia. Jika
target hanya memenuhi ketuntasan kurikulum Guru sebagai
pendidik tidak dapat sepenuhnya memahami peserta didik sesuai
dengan karakteristik, minat dan bakatnya masing-masing. Tujuan
berbincang bersama adalah mengenalkan Gerakan Sekolah
Menyenangkan untuk merubah mindset guru dalam mendidik
peserta didiknya dan memberikan praktik baik pembelajaran yang
dapat menumbuhkan ekosistem belajar siswa yang positif. Metode
kegiatan berbentuk In House Training (IHT) dengan pemateri
Kepala SMK N 1 Menggala dan kolaborasi Komite Pembelajaran
Sekolah Pusat Keunggulan SMK N 1 Menggala. Sasaran kegiatan
adalah guru di SMK N 1 Menggala Kabupaten Tulang Bawang.
Hasil dari In House Training (IHT) ini adalah : 1) adanya
perubahan mindset guru dalam perannya sebagai pendidik 2)
aktifitas pagi berbagi, praktik project based learning, refleksi dan
penyusunan rencana tindak lanjut yang dapat menjadikan
ekosistem belajar siswa di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Usep Suwanjal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



