PEMBERDAYAAN GURU SMK MELALUI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) UNTUK MENUMBUHKAN EKOSISTEM BELAJAR SISWA

Authors

  • Usep Suwanjal SMK Negeri 1 Menggala Tulang Bawang

Abstract

Guru sekolah kejuruan merupakan guru profesional memiliki tugas
untuk merencanakan, melaksanakan dan menilai hasil
pembelajaran, membimbing dan melatih peserta didik, serta
melaksanakan tugas tambahan yang melekat. Guru jenjang SD
hingga SMA-SMK dominan menyampaikan isi kurikulum dan
transfer materi saja sesuai beban jam mengajar yang tersedia. Jika
target hanya memenuhi ketuntasan kurikulum Guru sebagai
pendidik tidak dapat sepenuhnya memahami peserta didik sesuai
dengan karakteristik, minat dan bakatnya masing-masing. Tujuan
berbincang bersama adalah mengenalkan Gerakan Sekolah
Menyenangkan untuk merubah mindset guru dalam mendidik
peserta didiknya dan memberikan praktik baik pembelajaran yang
dapat menumbuhkan ekosistem belajar siswa yang positif. Metode
kegiatan berbentuk In House Training (IHT) dengan pemateri
Kepala SMK N 1 Menggala dan kolaborasi Komite Pembelajaran
Sekolah Pusat Keunggulan SMK N 1 Menggala. Sasaran kegiatan
adalah guru di SMK N 1 Menggala Kabupaten Tulang Bawang.
Hasil dari In House Training (IHT) ini adalah : 1) adanya
perubahan mindset guru dalam perannya sebagai pendidik 2)
aktifitas pagi berbagi, praktik project based learning, refleksi dan
penyusunan rencana tindak lanjut yang dapat menjadikan
ekosistem belajar siswa di sekolah.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Suwanjal, U. (2023). PEMBERDAYAAN GURU SMK MELALUI GERAKAN SEKOLAH MENYENANGKAN (GSM) UNTUK MENUMBUHKAN EKOSISTEM BELAJAR SISWA . Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 3(1), 1–8. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/22

Issue

Section

Articles