NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM BAIT NADHOM KITAB ALFIYAH IBNU MALIK
Abstract
Tujuan dari riset berikut adalah untuk menjelaskan serta memaparkan
nilai-nilai akhlak dalam konteks Alfiyyah Ibnu Malik. Riset berikut merupakan
riset kualitatif dengan menggunakan sumber/objek riset Nizam al-Fiya Ibnu
Malik. Pengumpulan data menggunakan metode pengolahan data. Metode yang
digunakan dalam analisis data adalah analisis isi dengan kombinasi faktor
internal. Hasil riset menunjukkan: Etika-etika ini terbagi menjadi etika-etika
yang berbeda. Diantaranya adalah akhlak Allah Subhanahu wa Ta'ala. Yang
meliputi pujian, dzikir serta doa Allah subhanahu wa ta'ala. Ranah etika bagi
Rasulullah saw. Yang mengucapkan salam serta menyambut mereka. Kapasitas
moral pribadi; Kepercayaan, persahabatan, kejujuran, harapan, kesabaran,
ketekunan, pembenaran diri, serta menepati janji. Etika dalam keluarga; Jaga
nama baik keluarga. Ruang lingkup etika; Menghormati, berdoa, serta
membantu orang lain. Lingkup Negara; Yang meliputi menerima keputusan
pemerintah, membina generasi muda, menjadi pemimpin yang jujur serta cinta
tanah air. Dalam kajian Pondok Pesantren Nizam al-Fiya Ibnu Malik dapat
menjadi sumber penunjang kurikulum, metode, prestasi akademik serta pada
akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan
Pondok Pesantren.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhamaad Asri, Jeksi Nanda, Sulistiawati Sulistiawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



