NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM BAIT NADHOM KITAB ALFIYAH IBNU MALIK

Authors

  • Muhamaad Asri Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi Lampung
  • Jeksi Nanda Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi Lampung
  • Sulistiawati Sulistiawati Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi Lampung

Abstract

Tujuan dari riset berikut adalah untuk menjelaskan serta memaparkan
nilai-nilai akhlak dalam konteks Alfiyyah Ibnu Malik. Riset berikut merupakan
riset kualitatif dengan menggunakan sumber/objek riset Nizam al-Fiya Ibnu
Malik. Pengumpulan data menggunakan metode pengolahan data. Metode yang
digunakan dalam analisis data adalah analisis isi dengan kombinasi faktor
internal. Hasil riset menunjukkan: Etika-etika ini terbagi menjadi etika-etika
yang berbeda. Diantaranya adalah akhlak Allah Subhanahu wa Ta'ala. Yang
meliputi pujian, dzikir serta doa Allah subhanahu wa ta'ala. Ranah etika bagi
Rasulullah saw. Yang mengucapkan salam serta menyambut mereka. Kapasitas
moral pribadi; Kepercayaan, persahabatan, kejujuran, harapan, kesabaran,
ketekunan, pembenaran diri, serta menepati janji. Etika dalam keluarga; Jaga
nama baik keluarga. Ruang lingkup etika; Menghormati, berdoa, serta
membantu orang lain. Lingkup Negara; Yang meliputi menerima keputusan
pemerintah, membina generasi muda, menjadi pemimpin yang jujur serta cinta
tanah air. Dalam kajian Pondok Pesantren Nizam al-Fiya Ibnu Malik dapat
menjadi sumber penunjang kurikulum, metode, prestasi akademik serta pada
akhirnya akan memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan pendidikan
Pondok Pesantren.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Asri, M., Nanda, J., & Sulistiawati, S. (2023). NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DI DALAM BAIT NADHOM KITAB ALFIYAH IBNU MALIK . Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 3(1), 26–33. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/24

Issue

Section

Articles