MANAJEMEN STRATEGI DAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM
Abstract
Undang undang No. 20 Tahun 2003, Pasal 3 ditegaskan bahwa sesungguhnya
pendidikan yang bermutu menjadi tujuan negara Indonesia, yaitu mencerdaskan
kehidupan bangsa. Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan sangat
diperlukan managemen yang tesusun baik serta strategi pendidikan demi
meningkatkan mutu Pendidikan yang sedang dikelola. Managemen strategi dan
mutu pendidikan merupakan salah satu cara pengelolaan pendidikan Islam yang
bertujuan untuk menghasilkan administrasi atau pengaturan tata kelola lembaga
pendidikan Islam yang berkualitas dan memiliki mutu yang sesuai dengan
perkembangan zaman. Mutu pendidikan islam sangat ditentukan oleh
tercapainya lembaga pendidikan islam dalam meningkatkan hasil belajar yang
dilihat dari tiga aspek yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Dari pemantauan
ketiga factor tersebut maka akan dapat dilihat keberhasilan pengelolaan lembaga
pendidikan yang sedang dikelola. Prestasi yang di capai oleh peserta didik
merupakan wujut dari keberhasilan Managemen Strategi dan Mutu Pendidikan
Islam yang pada ahirnyua akan menghasilkan lulusan yang memiliki kopetensi
religi, kopetensi sosial dan kopetinsi sain yang baik, sehingga dapat berperan
dalam membentuk karakter.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Giman Bagus Pangeran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



