DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH (MA) NURUL HUDA TEGAL MUKTI KELAS XI IPS

Authors

  • Fitria Haryati Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi
  • azizah Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama Kotabumi

Abstract

Keluarga mempunyai pengaruh besar atas pendidikan anak-anaknya.
Dengan senantiasa memberikan motivasi, dorongan, dan kontribusi yang sesuai
kepada seorang anak supaya semangat dalam belajar, terutama belajar di rumah
untuk menunjang berhasilnya prestasi seorang anak di sekolah. Kiprah yang
bersumber dari orang tua lah yang layaknya lebih diperhatikan guna
mewujudkan generasi unggul yang berguna nantinya. Tujuan Penelitian yaitu
untuk mengetahui dampak perceraian terhadap motivasi belajar siswa.
Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini
umum digunakan untuk mengidentifikasi dan menelaah lebih dalam hal apa yang
terselubung dibalik fakta-fakta yang kadangkala adalah sesuatu yang enggan
untuk dipahami secara menyeluruh. Tidak sedikit anak yang tidak mendapatkan
motivasi belajar yang disebabkan karena lahir ditengah keluarga broken home.
Ihwal mengenai motivasi belajar yang penulis jumpai di salah satu Madrasah
Aliyah di Tegal Mukti Waykanan, nyaris disetiap tingkatan kelasnya merupakan
anak yang tumbuh ditengah keluarga broken home. Yang kemudian ditemukan
dampak nya adalah melakukan beraneka tindakan yang melanggar aturan yang
tertera di lingkungan sekolah, seperti membolos, sering terlambat datang ke
sekolah bahkan tidak masuk sekolah tanpa adanya surat izin atau surat
keterangan, dan acuh atas apa yang dipelajari di sekolah.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

Haryati, F., & Azizah, N. (2023). DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH (MA) NURUL HUDA TEGAL MUKTI KELAS XI IPS. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 3(1), 49–57. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/27

Issue

Section

Articles