DAMPAK PERCERAIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH ALIYAH (MA) NURUL HUDA TEGAL MUKTI KELAS XI IPS
Abstract
Keluarga mempunyai pengaruh besar atas pendidikan anak-anaknya.
Dengan senantiasa memberikan motivasi, dorongan, dan kontribusi yang sesuai
kepada seorang anak supaya semangat dalam belajar, terutama belajar di rumah
untuk menunjang berhasilnya prestasi seorang anak di sekolah. Kiprah yang
bersumber dari orang tua lah yang layaknya lebih diperhatikan guna
mewujudkan generasi unggul yang berguna nantinya. Tujuan Penelitian yaitu
untuk mengetahui dampak perceraian terhadap motivasi belajar siswa.
Penggunaan metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode ini
umum digunakan untuk mengidentifikasi dan menelaah lebih dalam hal apa yang
terselubung dibalik fakta-fakta yang kadangkala adalah sesuatu yang enggan
untuk dipahami secara menyeluruh. Tidak sedikit anak yang tidak mendapatkan
motivasi belajar yang disebabkan karena lahir ditengah keluarga broken home.
Ihwal mengenai motivasi belajar yang penulis jumpai di salah satu Madrasah
Aliyah di Tegal Mukti Waykanan, nyaris disetiap tingkatan kelasnya merupakan
anak yang tumbuh ditengah keluarga broken home. Yang kemudian ditemukan
dampak nya adalah melakukan beraneka tindakan yang melanggar aturan yang
tertera di lingkungan sekolah, seperti membolos, sering terlambat datang ke
sekolah bahkan tidak masuk sekolah tanpa adanya surat izin atau surat
keterangan, dan acuh atas apa yang dipelajari di sekolah.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fitria Haryati, azizah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



