UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK HADI BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada masyarakat muslim saat ini
khususnya orang tua, ulama, guru dituntut untuk memiliki sikap isyfaq (peduli,
khawatir, dan peduli terhadap kondisi dan dunia anak) sebagai generasi penerus. Hal
ini bertujuan untuk membawa mereka kepada keyakinan bahwa Allah SWT adalah
Tuhan mereka dan Al-Qur'an adalah Firman-Nya sehingga roh Al-Qur'an dapat
bersemayam dalam jiwa mereka, cahayanya menyinari pikiran mereka, akal mereka,
indra mereka dan mereka. sehingga mereka menerima keyakinan Al-Qur'an sejak kecil
dan tumbuh menjadi dewasa atas cinta Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pola
dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Untuk
analisis data digunakan teknik analisis deskriptif dalam upaya membuat kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya guru dalam meningkatkan kualitas
pendidikan agama Islam adalah dengan menggunakan kurikulum yang tepat,
mempersiapkan pembelajaran sesuai kurikulum, tenaga pengajar yang profesional,
menerapkan strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Faktor yang
mempengaruhinya adalah faktor kesiapan guru, faktor pribadi siswa, faktor keluarga,
dan faktor lainnya yaitu faktor lingkungan. Manfaat upaya guru dalam meningkatkan
mutu pendidikan agama Islam memiliki tiga manfaat, yaitu terhadap kepribadian
peserta didik, terhadap keluarga, terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



