UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK HADI BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG

Authors

  • Tohir Muntoha STIT Darul Ishlah Tulang Bawang

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pada masyarakat muslim saat ini
khususnya orang tua, ulama, guru dituntut untuk memiliki sikap isyfaq (peduli,
khawatir, dan peduli terhadap kondisi dan dunia anak) sebagai generasi penerus. Hal
ini bertujuan untuk membawa mereka kepada keyakinan bahwa Allah SWT adalah
Tuhan mereka dan Al-Qur'an adalah Firman-Nya sehingga roh Al-Qur'an dapat
bersemayam dalam jiwa mereka, cahayanya menyinari pikiran mereka, akal mereka,
indra mereka dan mereka. sehingga mereka menerima keyakinan Al-Qur'an sejak kecil
dan tumbuh menjadi dewasa atas cinta Al-Qur'an. Penelitian ini menggunakan pola
dan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan teknik dokumentasi. Untuk
analisis data digunakan teknik analisis deskriptif dalam upaya membuat kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, upaya guru dalam meningkatkan kualitas
pendidikan agama Islam adalah dengan menggunakan kurikulum yang tepat,
mempersiapkan pembelajaran sesuai kurikulum, tenaga pengajar yang profesional,
menerapkan strategi yang sesuai dengan karakteristik siswa. Faktor yang
mempengaruhinya adalah faktor kesiapan guru, faktor pribadi siswa, faktor keluarga,
dan faktor lainnya yaitu faktor lingkungan. Manfaat upaya guru dalam meningkatkan
mutu pendidikan agama Islam memiliki tiga manfaat, yaitu terhadap kepribadian
peserta didik, terhadap keluarga, terhadap kehidupan sehari-hari peserta didik.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Muntoha, T. (2021). UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS X DI SMK HADI BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG LAMPUNG. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(1), 37–44. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/3

Issue

Section

Articles