UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALITAS DI MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP IT NURUL IMAN BANJAR AGUNG
Abstract
Pandemi covid-19 memiliki dampak yang besar bagi segala bidang, tak
terkecuali pendidikan. Masyarakat sekolah juga diwajibkan mematuhi
protokol kesehatan, sehingga pembelajaran dilakukan secara daring. Di sisi
lain, sistem daring dinilai tidak efektif dalam kegiatan belajar mengajar.
Meskipun demikian, guru tetap dituntut untuk menjalankan tugasnya secara
profesional. Maka perlu bagi guru untuk tetap berupaya meningkatkan
profesionalitasnya. Maka dalam penelitian ini diajukan pertanyaan fokus
permasalahan, yaitu, bagaimana pembelajaran di masa pandemi covid-19 dan
apa upaya guru dalam meningkatkan profesionalitasnya? Dari fokus
permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk
mengetahui pembelajaran di masa pandemi covid-19 dan untuk mengetahui
upaya guru dalam meningkatkan profesionalitas di masa pandemi covid-19.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif, dimana untuk
menggali informasi peneliti melaksanakan wawancara, observasi dan
dokumentasi. Penelitian ini dibagi menjadi dua bagian pembahasan yaitu
tentang pembelajaran di masa pandemi yang dialihkan menjadi pembelajaran
daring dimana guru dan siswa tidak belajar secara tatap muka, kemudian
bagian pembahasan selanjutnya yakni upaya guru dalam meningkatkan
profesionalitas dimana guru memiliki dua upaya, yaitu mengkombinasikan
sistem belajar daring dan luring serta meningkatkan kemampuan literasi
digital. Dari pembahasan tersebut diambil kesimpulan bahwasannya sistem
daring memiliki kekurangan seperti sulitnya jaringan internet dan kesulitan
siswa dalam memahami pembelajaran. Maka guru berupaya meningkatkan
profesionalitasnya dengan mengkombinasikan sistem daring dan luring serta
meningkatkan juga kemampuan literasi digitalnya. Sehingga diharapkan bagi
para guru mampu menjalankan tugasnya dengan profesional.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



