PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSANTARA BANJAR AGUNG
Abstract
Tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penting dalam keseluruhan
perangkat penggerak pendidikan. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana
pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description di SMK
Nusantara Banjar Agung?dan (2) bagaimana pembagian tugas tenaga
kependidikan di SMK Nusantara Banjar Agung?Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job
description di SMK Nusantara Banjar Agung, dan bagaimana pembagian tugas
tenaga kependidikan di SMK Nusantara Banjar Agung. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
(1) pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job deskription di SMK
Nusantara Banjar Agung, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik,
adapun pelaksanaannya meliputi perencanaan, pembinaan dan pengembangan,
penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan. (2) pembagian tugas tenaga
kependidikan dilakukan dengan mengidentifikasi pekerjaan pegawai,
pertangungjawaban hasil pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan. Berdasarkan
Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan tenaga kependidikan
sudah baik, namun disarankan dalam perencanaan tidak hanya menentukan
pembagian tugas pegawai tetapi juga perlu melihat rasio kebutuhan pegawai
berdasarkan jumlah siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ratna Dewi Setyowati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



