PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSANTARA BANJAR AGUNG

Authors

  • Ratna Dewi Setyowati STAI Tulang Bawang Lampung

Abstract

Tenaga kependidikan merupakan salah satu faktor penting dalam keseluruhan
perangkat penggerak pendidikan. Masalah dalam penelitian ini (1) bagaimana
pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job description di SMK
Nusantara Banjar Agung?dan (2) bagaimana pembagian tugas tenaga
kependidikan di SMK Nusantara Banjar Agung?Tujuan penelitian ini untuk
mengetahui bagaimana pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job
description di SMK Nusantara Banjar Agung, dan bagaimana pembagian tugas
tenaga kependidikan di SMK Nusantara Banjar Agung. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
(1) pengelolaan tenaga kependidikan dalam pembagian job deskription di SMK
Nusantara Banjar Agung, secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik,
adapun pelaksanaannya meliputi perencanaan, pembinaan dan pengembangan,
penilaian dan pemberhentian tenaga kependidikan. (2) pembagian tugas tenaga
kependidikan dilakukan dengan mengidentifikasi pekerjaan pegawai,
pertangungjawaban hasil pekerjaan, dan spesifikasi pekerjaan. Berdasarkan
Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwa pengelolaan tenaga kependidikan
sudah baik, namun disarankan dalam perencanaan tidak hanya menentukan
pembagian tugas pegawai tetapi juga perlu melihat rasio kebutuhan pegawai
berdasarkan jumlah siswa.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Dewi Setyowati, R. (2021). PENGELOLAAN TENAGA KEPENDIDIKAN DALAM PEMBAGIAN JOB DESCRIPTION DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NUSANTARA BANJAR AGUNG. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(2), 35–43. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/9

Issue

Section

Articles