Warning: preg_match(): Empty regular expression in /www/wwwroot/ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/lib/pkp/includes/bootstrap.inc.php on line 9 Al-Ishlah Jurnal Pendidikan
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah
<p>Jurnal Al-Ishlah merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darul Ishlah Tulang Bawang sebagai jalan untuk menyebar luaskan hasil penelitian dan kajian di bidang pendidikan. Jurnal Al-Ishlah menjadi jurnal yang fokus dalam bidang pendidikan sehingga dapat menjadi rujukan bagi peneliti selanjutnya dan masyarakat pendidikan.</p>en-US<p>All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.</p> <p><br />Authors who publish this subject agree to the following terms:</p> <p><br />First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a <a href="http://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/">Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License</a> that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.</p> <p><br />Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.</p> <p><br />Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.</p>pondramuliawan93@gmail.com (Pondra Muliawan, M.Pd.)wulanzcytra@gmail.com (Citra Eka Wulandari)Thu, 23 Jan 2025 10:42:51 +0800OJS 3.2.1.5http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss60PENINGKATAN KOPETENSI GURU OTOMOTIF DI SMK MELALULI PELATIHAN TEKNIS DI PROVINSI LAMPUNG
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/29
<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari pelatihan<br>teknis terbaru terhadap peningkatan kompetensi guru otomotif di<br>SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksperimen<br>dengan desain pre-test post-test control group. Sampel penelitian<br>terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang tidak<br>menerima pelatihan dan kelompok perlakuan yang menerima<br>pelatihan teknis terbaru dalam bidang otomotif. Hasil penelitian<br>menunjukkan bahwa pelatihan teknis terbaru secara signifikan<br>meningkatkan kompetensi guru otomotif di SMK. Terdapat<br>peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan<br>pemahaman konsep otomotif pada kelompok perlakuan<br>dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, guru yang<br>mengikuti pelatihan juga menunjukkan peningkatan dalam<br>penerapan teknologi dan metode pengajaran terbaru dalam<br>pembelajaran otomotif di kelas. Temuan ini memberikan implikasi<br>penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK melalui<br>pengembangan kompetensi guru otomotif. Disarankan agar program<br>pelatihan teknis terbaru terus ditingkatkan dan diperluas ke berbagai<br>wilayah untuk memastikan bahwa guru otomotif memiliki<br>pengetahuan dan keterampilan yang mutakhir dalam mengajarkan<br>materi otomotif kepada siswa.</p>Tri Lestari, Puji Rahayu, Hedi Kiswoyo
Copyright (c) 2025 Tri Lestari, Puji Rahayu, Hedi Kiswoyo
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/29Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800STUDI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMK KEJURUAN
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/30
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendokumentasikan<br>pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah<br>Kejuruan (SMK) dengan fokus pada konteks kejuruan. Kurikulum<br>Merdeka Belajar menjadi inovasi pendidikan yang bertujuan untuk<br>meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri dan<br>pasar kerja. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMK kejuruan<br>dengan berbagai bidang keahlian. Metode penelitian yang digunakan<br>melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta<br>analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan<br>berbagai aspek terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,<br>termasuk strategi pengajaran, pengembangan kurikulum berbasis<br>kompetensi, dan pelibatan industri dalam proses pembelajaran. Selain<br>itu, dinilai juga dampaknya terhadap motivasi dan keterlibatan siswa<br>dalam pembelajaran. Temuan penelitian ini memberikan gambaran<br>mendalam tentang sejauh mana SMK kejuruan telah<br>mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka Belajar.<br>Implikasi temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif<br>terhadap pengembangan kurikulum kejuruan di masa depan,<br>memastikan kesiapan lulusan untuk menghadapi tantangan dunia<br>kerja yang terus berkembang. Studi ini juga memberikan wawasan<br>bagi pengambil kebijakan pendidikan untuk terus meningkatkan<br>pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam rangka memajukan<br>mutu pendidikan kejuruan di Indonesia.</p>Puji Rahayu, Hedi Kiswoyo, Tri Lestari
Copyright (c) 2025 Puji Rahayu, Hedi Kiswoyo, Tri Lestari
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/30Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800PENGARUH PRESTASI BELAJAR DALAM PENGETAHUAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DAN MINAT BELAJAR KEJURUAN TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTEK TUNE-UP ENGINE KELAS XII SMKN RAWAJITU TIMUR
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/31
<p>Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Minat <br>Belajar Kejuruan Terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine Siswa Kelas <br>XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN Rawajitu Timur. Penelitian ini<br>bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan<br>Dasar Teknik Otomotif terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine, (2)<br>untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar Kejuruan terhadap Kemampuan<br>Praktek Tune-Up Engine dan (3) untuk mengetahui pengaruh Prestasi Mata<br>Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Minat Belajar Kejuruan<br>secara bersama-sama terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine siswa kelas<br>XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN Rawajitu Timur. Populasi dalam<br>penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMKN<br>Rawajitu Timur sejumlah 120 siswa. Sampel penelitian berdasarkan Nomogram<br>Harry King, diambil 120 x 58% = 87 siswa dan 30 siswa untuk uji coba<br>instrumen. Penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto, sedangkan teknik<br>pengambilan sampel menggunakan sistem acak (Random Sampling). Teknik<br>pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data Minat Belajar<br>Kejuruan, teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Prestasi Mata<br>Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Prestasi Belajar Kejuruan<br>Otomotif. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen, maka instrumen<br>diujicobakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial<br>diperoleh (1) Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif<br>berpengaruh positif terhadap Prestasi Kemampuan Praktek Tune-Up Engine, (2)<br>Minat Belajar Kejuruan berpengaruh positif terhadap Kemampuan Praktek TuneUp<br>Engine<br>dan</p> <p>analisis Regresi Ganda (3) Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan<br>Dasar Teknik Otomotif dan Minat Belajar Kejuruan secara bersama-sama<br>berpengaruh positif terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine siswa kelas<br>XII Teknik Mekanik Otomotif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semakin<br>tinggi Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Minat<br>Belajar Kejuruan, maka semakin tinggi pula Kemampuan Praktek Tune-Up<br>Engine. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah Prestasi Mata Pelajaran<br>Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dan Minat Belajar Kejuruan, akan semakin<br>rendah pula Kemampuan Praktek Tune-Up Engine.</p>Hedi Kiswoyo, Tri Lestari, Suroto Suroto
Copyright (c) 2025 Hedi Kiswoyo, Tri Lestari, Suroto Suroto
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/31Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800ANALISIS STANDAR SARANA PRASARANA BERBASIS AKREDITASI (RPU/RUANG PEMBELAJARAN UMUM) DI SMK AL MU'ALLIM KESUGIHAN CILACAP TH 2023
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/32
<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis standar sarana prasarana<br>berbasis akreditasi (RPU/Ruang Pembelajaran Umum) di SMK Al Mu'allim<br>Kesugihan Cilacap tahun 2023. Metode yang digunakan dalam penelitian<br>ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui<br>observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan<br>bahwa SMK Al Mu'allim Kesugihan telah memenuhi sebagian besar<br>standar sarana prasarana berbasis akreditasi, namun masih terdapat<br>beberapa aspek yang perlu ditingkatkan. Diharapkan hasil penelitian ini<br>dapat menjadi referensi bagi SMK Al Mu'allim Kesugihan dan sekolahsekolah</p> <p>lain dalam meningkatkan kualitas sarana dan prasarana mereka<br>dalam rangka mendukung pendidikan yang lebih baik.</p>Masruri Masruri, Khomsinnudin Khomsinnudin
Copyright (c) 2025 Masruri Masruri, Khomsinnudin Khomsinnudin
https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0
https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/32Sat, 30 Dec 2023 00:00:00 +0800