PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA DI MADRASAH ALIYAH DARUL ISHLAH
Abstract
Perpustakaan pada lembaga pendidikan merupakan bagian dari pusat
sumber belajar, sehingga dapat mendukung pelaksanaan pendidikan
formal dan memberi kesempatan untuk menumbuhkan sikap senang
membaca yang pada gilirannya dapat mendorong penggunaan
perpustakaan. Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana
pendidikan penunjang kegiatan belajar siswa dan memegang peranan
penting dalam memacu tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat baca dengan
pengelolaan yang baik. Hasil dari penelitian ini adalah:1) Pengelolaan
perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat baca siswa baik
pengelolaan personalia perpustakaan sekolah, pengelolaan ruang
perpustakaan sekolah, pengelolaan pengaturan buku-buku perpustakaan,
dan pengelolaan media perpustakaan di Madrasah Aliyah Darul Ishlah
dapat dikatakan kurang baik dikarenakan pengelolaan perpustakaan
dalam meningkatkan minat baca siswa belum begitu maksimal. 2)
Pengelolaan personalia perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat
baca siswa baik tanggung jawab petugas maupun pembinaan petugas
perpustakaan di Madrasah Aliyah Darul Ishlah dapat disimpulkan baik,
3) Pengelolaan ruang perpustakaan sekolah dalam meningkatkan minat
baca siswa baik penataan ruang, peralatan dan perlengkapan
perpustakaan di Madrasah Aliyah darul Ishlah dapat disimpulkan kurang
baik, karena ruangan dan peralatan perpustakaan kurang memenuhi
standar.4) Pengelolaan pengaturan buku-buku perpustakaan sekolah
dalam meningkatkan minat baca siswa baik penyusunan buku-buku, dan
pemeliharaan buku-buku perpustakaan di Madrasah Aliyah Darul Ishlah
dapat disimpulkan baik,.5) Pengelolaan media di perpustakaan sekolah
dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Aliyah Darul Ishlah
dapat disimpulkan kurang baik, karena masih belum menggunakan
media perpustakaan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Sodik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



