PENGARUH SUPERVISI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA GURU PADA SD AL QUR’AN DARUL ISHLAH BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG
Abstract
Program pengembangan karir membantu guru dalam menganalisis kemampuan dan
minat mereka untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan sejalan dengan
pertumbuhan dan perkembangan sekolah. Pengembangan karir yang lebih baik
sangat diharapkan oleh setiap guru, karena dengan perkembangan ini akan
mendapatkan hak-hak yang lebih baik dari apa yang diperoleh sebelumnya baik
material maupun non material misalnya, kenaikan pendapatan, perbaikan fasilitas
dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh supervisi
terhadap kinerja guru SD Al Qur’an Darul Ishlah Banjar Margo Kabupaten Tulang
Bawang, Pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja guru SD Al Qur’an
DarulIshlah Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang, Pengaruh supervisi dan
pengembangan karir secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Al Qur’an
Darul Ishlah Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Metode pengumpulan data
yang dilakukan adalah Metode Kuesioner/angket. Yaitu metode pengumpulan data
dengan menggunakan daftar pertanyaan yang dibagikan pada responden. Metode
dokumentasi Yaitu pengumpulan data yang bersumber pada benda tertulis / bacaan,
seperti buku/majalah, dokumentasi, peraturan, notulen rapat, catatan harian
kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa supervise dan pengembangan karir berpengaruh positif dan
sangat signifikan dengan kinerja guru SD Al-Qur’an Darul Ishlah dibuktikan dengan
hasil analisis data.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ahmad Sodik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



