PENGARUH SUPERVISI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA GURU PADA SD AL QUR’AN DARUL ISHLAH BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG

Authors

  • Ahmad Sodik STIT Darul Ishlah Tulang Bawang

Abstract

Program pengembangan karir membantu guru dalam menganalisis kemampuan dan
minat mereka untuk dapat disesuaikan dengan kebutuhan sejalan dengan
pertumbuhan dan perkembangan sekolah. Pengembangan karir yang lebih baik
sangat diharapkan oleh setiap guru, karena dengan perkembangan ini akan
mendapatkan hak-hak yang lebih baik dari apa yang diperoleh sebelumnya baik
material maupun non material misalnya, kenaikan pendapatan, perbaikan fasilitas
dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Pengaruh supervisi
terhadap kinerja guru SD Al Qur’an Darul Ishlah Banjar Margo Kabupaten Tulang
Bawang, Pengaruh pengembangan karir terhadap kinerja guru SD Al Qur’an
DarulIshlah Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang, Pengaruh supervisi dan
pengembangan karir secara bersama-sama terhadap kinerja guru SD Al Qur’an
Darul Ishlah Banjar Margo Kabupaten Tulang Bawang. Metode pengumpulan data
yang dilakukan adalah Metode Kuesioner/angket. Yaitu metode pengumpulan data
dengan menggunakan daftar pertanyaan yang dibagikan pada responden. Metode
dokumentasi Yaitu pengumpulan data yang bersumber pada benda tertulis / bacaan,
seperti buku/majalah, dokumentasi, peraturan, notulen rapat, catatan harian
kemudian dianalisis dengan menggunakan metode kuantitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa supervise dan pengembangan karir berpengaruh positif dan
sangat signifikan dengan kinerja guru SD Al-Qur’an Darul Ishlah dibuktikan dengan
hasil analisis data.

Downloads

Published

2021-12-30

How to Cite

Sodik, A. (2021). PENGARUH SUPERVISI DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA GURU PADA SD AL QUR’AN DARUL ISHLAH BANJAR MARGO KABUPATEN TULANG BAWANG. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(2), 14–22. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/7

Issue

Section

Articles