PENANAMAN NILAI-NILAI AHLUSSUNAH WALJAMAAH BERBASIS KEBANGSAAN KEPADA SISWA/I SMK AL-IMAN BANJAR AGUNG KABUPATEN TULANG BAWANG
Abstract
Indonesia merupakan penduduk yang mayoritas beragama Islam yang
didasarkan pada Ahlusunnah Waljamaah didalamnya mengajarkan tentang
kehidupan yang harmonis, selaras, lebih ditekankan kepada rahmatal lil „alamin
dengan siapapun. Hanya saja, belakang ini muncul beberapa gerakan dan
pemikiran islam yang radikal yang berupaya untuk mengubah tatanan toleransi
dan ingin dirubah menjadi in-toleransi kepada siapapun yang berbeda
dengannya. Gerakan ini pun dilakukan dengan cara perekrutannya secara halus
dengan melakukan pendekatan kepada generasi muda bangsa ini baik melalui
medsos, whatshaap, facebook hingga buku-buku.
Dengan maraknya gerakan tersebut Nahdlatul Ulama‟ merupakan salah satu organisasi
islam terbesar di Indonesia yang senantiasa membendung ajaran-ajaran islam yang
radikal dengan cara menanamkan pendidikan Aswaja an-nahdliyah-nya di sekolah.
Salah satu sekolah adalah SMK Al-Iman Banjar Agung Kabupaten Tulang Bawang
merupakan anak asuh dari Nahdlotul Ulama, yang sangat berharap agar peserta didik
memiliki Nilai-nilai Aswaja, sehingga siswa/i nya ketika selesai di SMK Al-Iman
menjadi penyejuk dimasyarakat luas dan menyebarkan kedamaian.
Penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisa tentang penanaman nilai-nilai
Ahlusunnah Wal Jamaah berbasis kebangsaan dengan focus penelitian : (1) Apa konsep
nilai-nilai pendidikan aswaja, (2) bagaimana trik dalam penanaman nilai-nilai Aswaja
melalui program kegiatan keagamaan, (3) Bagaimana dampak terhadap penanaman
nilai-nilai pendidikan aswaja berbasis kebangsaan melalui program keagamaan
terhadap sikap social siswa/i di SMK Al-Iman Banjar Agung, Tulang Bawang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun
dalam pengumpulan data dengan menggunakan tiga metode yakni : observasi,
wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik dalam analisis data dalam penulisan ini
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa : (1) konsep pendidikan
Aswaja di SMK Al-Iman Banjar Agung didasarkan pada nilai Tawasuth (moderat),
Tawazun (seimbang), Tasamuh (Toleransi) dan I‟tidal (adil). (2) Proses penanaman
nilai pendidikan Aswaja berbasis kebangsaan ini melalui tiga tahap, yakni : (1) Aswaja
Feeling, didalamnya terdapat kegiatan pembiasaan peserta didik untuk melakukan nilainilai
Aswaja di SMK, (2) Aswaja knowing, didalamnya ada pemahaman terhadap
kegiatan yang dilakukan diantaranya perihal Yasin dan Tahlil, (3) Aswaja Action,
didalamnya adanya penerapan terhadap pembiasaan yang dilakukan melalui nilai-nilai
pendidikan Aswaja di SMK Al-Iman Banjar Agung Kab. Tulang Bawang Prov.
Lampung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



