PERAN DOSEN DALAM PEMBENTUKAN PENDIDIKAN KARAKTER MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI SYARI’AH DI STISDA LAMPUNG TENGAH
Abstract
Era globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)
telah membawa perubahan di berbagai aspek kehidupan termasuk bidang
pendidikan. Pendidikan di tuntut untuk mampu membekali peserta didiknya
dengan pengetahuan, keterampilan dan karakter sikap, agar mampu survive
secara produktif di tengah persaingan era global yang penuh peluang dan
tantangan. Oleh karenanya pendidikan era global saat ini harus menekankan
pada kualitas. Pendidikan karakter merupakan usaha yang disengaja untuk
mengembangkan karakter yang baik berdasarkan nilai-nilai inti yang baik untuk
individu dan baik untuk masyarakat. Salah satu lembaga yang dapat berperan
dalam pendidikan karakter adalah perguruan tinggi. Hasil penelitian ini dapat
disimpulkan bahawa peran dosen dalam membentuk karakter mahasiswa
merupakan aspek yang sangat penting. Dosen tidak hanya mengajar tetapi juga
mendidik, membimbing, melatih, dan juga memberikan evaluasi atau penilaian
terhadap berbagai pembelajaran di kelas. Di sini dosen merupakan salah satu
unsure utama selain mahasiswa, dan masyarakat akademik di perguruan tinggi.
Tugas pokok dosen adalah melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu
kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Citra Indah Wulandari, Khomsinnudin Khomsinnudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



