PENERAPAN METODE METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT

Authors

  • Mar’atus Nur Sholehah STIT Darul Ishlah Tulang Bawang

Abstract

Metode metakognitif adalah metode yang memancing proses berpikir siswa,
mendorong siswa untuk menilai pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan
memantau dan menilai pembelajaran siswa, siswa akan lebih berpikir untuk dapat
menilai pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah proses berpikir ini, siswa akan
termotivasi untuk memikirkan cara belajar yang baik, sehingga siswa dapat lebih
memikirkan waktu belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan
menggunakan desain penelitian one shot case study karena data yang diperoleh dari
hasil penelitian digunakan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan apa yang
menjadi tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan
metode metakognitif, prestasi belajar siswa dan respon siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes:
Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan dilakukan pada data kuantitatif dan
kualitatif. Penerapan metode pembelajaran metakognitif dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas X MAN 2 Tulang Bawang Barat. Peningkatan prestasi tersebut
terlihat dari persentase kenaikan indikator: 1) siswa yang mampu menyelesaikan tugas
dan tanggung jawab mengalami peningkatan sebesar 27,82%, 2) siswa yang mampu
menyelesaikan masalah mengalami peningkatan sebesar 33,77%, 3) siswa yang
mampu menyelesaikan masalah mengalami peningkatan sebesar 33,77%, 3) siswa
yang mampu percaya pada kemampuan sendiri mengalami peningkatan 45.766%.
Hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Tulang Bawang Barat juga meningkat setelah
penerapan metode metakognitif. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan hasil
belajar yang telah dicapai siswa sebesar 15,12%.

Downloads

Published

2021-06-30

How to Cite

Nur Sholehah, M. (2021). PENERAPAN METODE METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT . Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 1(1), 27–36. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/5

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)