PENERAPAN METODE METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR DI MAN 2 TULANG BAWANG BARAT
Abstract
Metode metakognitif adalah metode yang memancing proses berpikir siswa,
mendorong siswa untuk menilai pembelajaran yang telah dilakukan. Dengan
memantau dan menilai pembelajaran siswa, siswa akan lebih berpikir untuk dapat
menilai pembelajaran yang sedang dilakukan. Setelah proses berpikir ini, siswa akan
termotivasi untuk memikirkan cara belajar yang baik, sehingga siswa dapat lebih
memikirkan waktu belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan
menggunakan desain penelitian one shot case study karena data yang diperoleh dari
hasil penelitian digunakan untuk mendeskripsikan atau mendeskripsikan apa yang
menjadi tujuan penelitian yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menggunakan
metode metakognitif, prestasi belajar siswa dan respon siswa. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian. Data dalam
penelitian ini dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes:
Teknik analisis data adalah deskriptif kualitatif dan dilakukan pada data kuantitatif dan
kualitatif. Penerapan metode pembelajaran metakognitif dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa kelas X MAN 2 Tulang Bawang Barat. Peningkatan prestasi tersebut
terlihat dari persentase kenaikan indikator: 1) siswa yang mampu menyelesaikan tugas
dan tanggung jawab mengalami peningkatan sebesar 27,82%, 2) siswa yang mampu
menyelesaikan masalah mengalami peningkatan sebesar 33,77%, 3) siswa yang
mampu menyelesaikan masalah mengalami peningkatan sebesar 33,77%, 3) siswa
yang mampu percaya pada kemampuan sendiri mengalami peningkatan 45.766%.
Hasil belajar siswa kelas X MAN 2 Tulang Bawang Barat juga meningkat setelah
penerapan metode metakognitif. Hal ini terlihat dari persentase peningkatan hasil
belajar yang telah dicapai siswa sebesar 15,12%.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



