IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
Abstract
Pendidikan multikultural diharapkan mampu menjadi solusi terbaik dalam
menangani keragaman yang ada, baik itu budaya, agama, etnis, dan sebagainya
dengan cara menumbuhkan semangat metode dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis etnografi,
penelitian ini bermaksud memahami strategi guru dalam pembelajaran
multikultural, apa yang dialami subjek penelitian secara holistik, dan
dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu
konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode
ilmiah. Hasil dalam penelitian ini adalah, ada beberapa nilai yang harus
diterapkan oleh guru dalam pendidikan multicultural di sekolah, diantaranya:
Membangun paradigm keberagamaan inklusif, Menghargai keragaman bahasa,
Membangun sikap sensitif gender, Membangun pemahaman kritis terhadap
ketidakadilan dan perbedaan status social. Guru atau dosen perlu memahami
konsep dasar pendidikan multicultural agar nilai-nilai utama yang terkandung
dalam strategi pendidikan tersebut dapat diajarkan sekaligus dpraktekkan di
hadapan para siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pondra Muliawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



