IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Authors

  • Pondra Muliawan STIT Darul Ishlah Tulang Bawang

Abstract

Pendidikan multikultural diharapkan mampu menjadi solusi terbaik dalam
menangani keragaman yang ada, baik itu budaya, agama, etnis, dan sebagainya
dengan cara menumbuhkan semangat metode dalam penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis etnografi,
penelitian ini bermaksud memahami strategi guru dalam pembelajaran
multikultural, apa yang dialami subjek penelitian secara holistik, dan
dengan cara deskriptif dalam bentuk kata-kata dan bahasa pada suatu
konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode
ilmiah. Hasil dalam penelitian ini adalah, ada beberapa nilai yang harus
diterapkan oleh guru dalam pendidikan multicultural di sekolah, diantaranya:
Membangun paradigm keberagamaan inklusif, Menghargai keragaman bahasa,
Membangun sikap sensitif gender, Membangun pemahaman kritis terhadap
ketidakadilan dan perbedaan status social. Guru atau dosen perlu memahami
konsep dasar pendidikan multicultural agar nilai-nilai utama yang terkandung
dalam strategi pendidikan tersebut dapat diajarkan sekaligus dpraktekkan di
hadapan para siswa.

 

 

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Muliawan, P. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PADA PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 2(2), 37–44. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/20

Issue

Section

Articles