PENINGKATAN KOPETENSI GURU OTOMOTIF DI SMK MELALULI PELATIHAN TEKNIS DI PROVINSI LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari pelatihan
teknis terbaru terhadap peningkatan kompetensi guru otomotif di
SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksperimen
dengan desain pre-test post-test control group. Sampel penelitian
terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok kontrol yang tidak
menerima pelatihan dan kelompok perlakuan yang menerima
pelatihan teknis terbaru dalam bidang otomotif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pelatihan teknis terbaru secara signifikan
meningkatkan kompetensi guru otomotif di SMK. Terdapat
peningkatan yang signifikan pada pengetahuan, keterampilan, dan
pemahaman konsep otomotif pada kelompok perlakuan
dibandingkan dengan kelompok kontrol. Selain itu, guru yang
mengikuti pelatihan juga menunjukkan peningkatan dalam
penerapan teknologi dan metode pengajaran terbaru dalam
pembelajaran otomotif di kelas. Temuan ini memberikan implikasi
penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMK melalui
pengembangan kompetensi guru otomotif. Disarankan agar program
pelatihan teknis terbaru terus ditingkatkan dan diperluas ke berbagai
wilayah untuk memastikan bahwa guru otomotif memiliki
pengetahuan dan keterampilan yang mutakhir dalam mengajarkan
materi otomotif kepada siswa.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Tri Lestari, Puji Rahayu, Hedi Kiswoyo

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



