PENGARUH PRESTASI BELAJAR DALAM PENGETAHUAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF DAN MINAT BELAJAR KEJURUAN TERHADAP KEMAMPUAN PRAKTEK TUNE-UP ENGINE KELAS XII SMKN RAWAJITU TIMUR
Abstract
Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Minat
Belajar Kejuruan Terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine Siswa Kelas
XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN Rawajitu Timur. Penelitian ini
bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan
Dasar Teknik Otomotif terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine, (2)
untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar Kejuruan terhadap Kemampuan
Praktek Tune-Up Engine dan (3) untuk mengetahui pengaruh Prestasi Mata
Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Minat Belajar Kejuruan
secara bersama-sama terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine siswa kelas
XII Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMKN Rawajitu Timur. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XII Teknik Mekanik Otomotif SMKN
Rawajitu Timur sejumlah 120 siswa. Sampel penelitian berdasarkan Nomogram
Harry King, diambil 120 x 58% = 87 siswa dan 30 siswa untuk uji coba
instrumen. Penelitian ini termasuk penelitian Expost Facto, sedangkan teknik
pengambilan sampel menggunakan sistem acak (Random Sampling). Teknik
pengumpulan data menggunakan angket untuk memperoleh data Minat Belajar
Kejuruan, teknik dokumentasi digunakan untuk memperoleh data Prestasi Mata
Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Prestasi Belajar Kejuruan
Otomotif. Untuk mengetahui validitas dan reliabilitas instrumen, maka instrumen
diujicobakan terlebih dahulu. Berdasarkan hasil analisis korelasi parsial
diperoleh (1) Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif
berpengaruh positif terhadap Prestasi Kemampuan Praktek Tune-Up Engine, (2)
Minat Belajar Kejuruan berpengaruh positif terhadap Kemampuan Praktek TuneUp
Engine
dan
analisis Regresi Ganda (3) Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan
Dasar Teknik Otomotif dan Minat Belajar Kejuruan secara bersama-sama
berpengaruh positif terhadap Kemampuan Praktek Tune-Up Engine siswa kelas
XII Teknik Mekanik Otomotif. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah semakin
tinggi Prestasi Mata Pelajaran Pengetahuan Dasar Teknik Otomotif dan Minat
Belajar Kejuruan, maka semakin tinggi pula Kemampuan Praktek Tune-Up
Engine. Demikian pula sebaliknya, semakin rendah Prestasi Mata Pelajaran
Pengetahuan Dasar Teknik Mesin dan Minat Belajar Kejuruan, akan semakin
rendah pula Kemampuan Praktek Tune-Up Engine.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hedi Kiswoyo, Tri Lestari, Suroto Suroto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



