STUDI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMK KEJURUAN

Authors

  • Puji Rahayu STIES Darul Huda Mesuji
  • Hedi Kiswoyo SMKN Rawajitu Timur
  • Tri Lestari STIES Darul Huda Mesuji

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendokumentasikan
pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) dengan fokus pada konteks kejuruan. Kurikulum
Merdeka Belajar menjadi inovasi pendidikan yang bertujuan untuk
meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri dan
pasar kerja. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMK kejuruan
dengan berbagai bidang keahlian. Metode penelitian yang digunakan
melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta
analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan
berbagai aspek terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,
termasuk strategi pengajaran, pengembangan kurikulum berbasis
kompetensi, dan pelibatan industri dalam proses pembelajaran. Selain
itu, dinilai juga dampaknya terhadap motivasi dan keterlibatan siswa
dalam pembelajaran. Temuan penelitian ini memberikan gambaran
mendalam tentang sejauh mana SMK kejuruan telah
mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka Belajar.
Implikasi temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif
terhadap pengembangan kurikulum kejuruan di masa depan,
memastikan kesiapan lulusan untuk menghadapi tantangan dunia
kerja yang terus berkembang. Studi ini juga memberikan wawasan
bagi pengambil kebijakan pendidikan untuk terus meningkatkan
pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam rangka memajukan
mutu pendidikan kejuruan di Indonesia.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Rahayu, P., Kiswoyo, H., & Lestari, T. (2023). STUDI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMK KEJURUAN . Al-Ishlah Jurnal Pendidikan, 3(2), 7–14. Retrieved from https://ejurnal.stitdarulishlah.ac.id/index.php/al-ishlah/article/view/30

Issue

Section

Articles