STUDI PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA SMK KEJURUAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendokumentasikan
pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) dengan fokus pada konteks kejuruan. Kurikulum
Merdeka Belajar menjadi inovasi pendidikan yang bertujuan untuk
meningkatkan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri dan
pasar kerja. Penelitian ini dilakukan di beberapa SMK kejuruan
dengan berbagai bidang keahlian. Metode penelitian yang digunakan
melibatkan observasi kelas, wawancara dengan guru dan siswa, serta
analisis dokumen terkait kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan
berbagai aspek terkait implementasi Kurikulum Merdeka Belajar,
termasuk strategi pengajaran, pengembangan kurikulum berbasis
kompetensi, dan pelibatan industri dalam proses pembelajaran. Selain
itu, dinilai juga dampaknya terhadap motivasi dan keterlibatan siswa
dalam pembelajaran. Temuan penelitian ini memberikan gambaran
mendalam tentang sejauh mana SMK kejuruan telah
mengintegrasikan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka Belajar.
Implikasi temuan ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif
terhadap pengembangan kurikulum kejuruan di masa depan,
memastikan kesiapan lulusan untuk menghadapi tantangan dunia
kerja yang terus berkembang. Studi ini juga memberikan wawasan
bagi pengambil kebijakan pendidikan untuk terus meningkatkan
pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar dalam rangka memajukan
mutu pendidikan kejuruan di Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Puji Rahayu, Hedi Kiswoyo, Tri Lestari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All articles in the Al-Ishlah can be disseminated on condition that they still include the identity of the article and the source (Al-Ishlah). The publisher is not responsible for the contents of the article. The content of the article is the sole responsibility of the author.
Authors who publish this subject agree to the following terms:
First, the Authors retain copyright and grant the journal right from first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Secondly, the authors can enter into a separate or an acknowledgment of its initial (e.g., post-institutional repository or publish it in a book) publication in this journal.
Third, the authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) before publishing work is cited.



